Apa itu pbn - pengertian pbn
apa itu pbn

Jika Anda belum mengetahui apa itu PBN, tidak perlu khawatir sebab kami akan menjelaskannya secara jelas kepada anda. PBN berasal dari singkatan Private Blog Network, dan banyak digunakan oleh pengusaha untuk membuat agar web bisnis mereka menduduki posisi teratas.

Jika di zaman dulu perusahaan memperkenalkan usaha mereka secara langsung ke banyak orang, kini Anda tidak perlu melakukannya lagi. Sebab dengan adanya website, maka para pengusaha memperkenalkan produk mereka secara luas, tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya.

PBN merupakan salah satu teknik backlink, dan merupakan sebuah blog yang dapat mendorong backlink ke situs utama. Teknik ini sudah cukup lama hadir, namun masih banyak pengusaha yang memanfaatkan teknik tersebut pada website bisnis mereka.

Jaringan blog pribadi ini menjadi salah satu cara, agar meningkatkan upaya SEO website anda. PBN menjadi salah satu teknik cukup populer di kalangan digital marketer, dan biasanya PBN dimanfaatkan sebagai komponen kunci dalam SEO off-Page dalam mengoptimasi website.

Mengenal Apa itu PBN serta Manfaatnya

Dengan banyaknya pebisnis yang memanfaatkan jaringan blog pribadi, tentunya hal tersebut membuktikan bahwa PBN memang memiliki banyak manfaat bagi seorang pebisnis. PBN memang efektif untuk meningkatkan visibilitas website, serta memaksimalkan jumlah traffic.

  • Efektif Meningkatkan Traffic Website
  • Traffic website merupakan jumlah pengunjung website anda, halaman yang telah pengunjung lihat, juga durasi saat pengunjung melihat isi dari website tersebut. Dalam meningkatkan traffic website, tentunya pebisnis bisa mencoba banyak hal, dan salah satunya adalah dengan PBN.

    Banyak pebisnis menggunakan PBN untuk meningkatkan traffic website mereka, bahkan beberapa perusahaan bisa meningkatkan traffic website sebanyak dua kali lipat. Tentunya hal tersebut cukup menggiurkan, dan patut untuk dicoba bagi kebutuhan web bisnis anda.

  • Mampu Meraih Keuntungan dari Website
  • Untuk mengenal apa itu PBN, Anda juga perlu mengetahui apa saja manfaat yang bisa didapatkan. Dengan semakin banyaknya pengunjung pada web pebisnis, maka hal itu juga berpengaruh terhadap meningkatnya penghasilan pada money site.

    Hal tersebut dapat terjadi, jika keyword Anda berpotensi tinggi dan masuk ke dalam posisi teratas pada mesin pencari. Efek yang ditimbulkan oleh Private Blog Network, memang memungkinkan Anda mendapatkan keuntungan pada website yang fokus menghasilkan uang.

  • Menghapus Link Bermasalah
  • Keuntungan lainnya bisa didapatkan dari menggunakan PBN adalah, dapat menghilangkan link bermasalah, yang dapat membahayakan web bisnis anda. Pada sebuah website, biasanya seringkali muncul link yang membuat website pebisnis menjadi eror.

    Biasanya link tersebut terdeteksi sebagai spam, dan harus dihilangkan segera mungkin. Jika dibiarkan maka link tersebut berpotensi akan membuat website pebisnis menjadi bermasalah, sehingga tidak bisa diakses nantinya.

    Kekurangan dari Private Blog Network

    Setelah mengetahui apa itu PBN, beserta manfaatnya maka kami akan menjelaskan kepada Anda kekurangan pada private blog network. Meskipun PBN terlihat cukup menguntungkan bagi kebutuhan bisnis anda, namun ada beberapa kekurangan yang perlu diketahui.

  • Membutuhkan Biaya dan Tenaga Besar
  • Link yang akan dibuat dalam jumlah besar, sehingga biaya yang harus Anda keluarkan cukup menguras kantong. Maka dari itu pebisnis perlu memikirkannya dengan seksama, agar fungsi PBN ini dapat menguntungkan usaha pebisnis dan menjadi tidak sia-sia.

    Selain itu PBN memerlukan biaya perawatan untuk mencapai hasil maksimal, dan pastinya Anda perlu memikirkan biaya yang akan dikeluarkan. Terlebih lagi jika pebisnis memutuskan untuk memanfaatkan jasa backlink PBN, tentunya pengeluaran perusahaan akan semakin besar.

  • Membutuhkan Waktu yang Lama
  • Jika sudah mengenal apa itu PBN, satu hal perlu diketahui adalah, membuat jaringan blog pribadi tidak bisa selesai dalam waktu singkat. Diperlukan proses panjang dan pastinya membutuhkan tenaga besar, sebab jumlahnya tidak terhitung jari.

    Selain itu pebisnis perlu memikirkan konten pada setiap website, akan lebih baik jika konten dibuat sebeda mungkin satu sama lain. Kemudian pebisnis juga harus mengunggah konten secara rutin, untuk memastikan bahwa kualitas dari konten tersebut benar-benar berkualitas.

  • Terlalu Berisiko
  • Sayangnya di balik manfaat yang dimiliki PBN, ada satu kekurangan yang perlu diwaspadai oleh pebisnis. Private blog network termasuk ke dalam praktek black hat SEO, sebab penggunanya dapat kembali mengaktifkan sebuah website yang sudah expired dan digunakan kembali.

    Praktik ini bisa dibilang belum sepenuhnya legal, dan belum disetujui oleh Google. Maka dari itu praktik ini memang terbilang masih di area abu-abu, dimana Google telah memperingatkan kepada penggunanya bahwa backlink dapat memperburuk reputasi website.

    Hal yang Harus Anda Ingat Ketika Membuat PBN

    Meskipun dapat memberburuk reputasi website, nyatanya PBN memang ampuh untuk meningkatkan peringkat web anda. Setelah mengetahui apa itu PBN, hingga kekurangan dan kelebihannya masing-masing, ada beberapa hal yang wajib Anda ketahui berikut ini.

  • Website Harus Memiliki Konten Berkualitas
  • Dalam membuat website PBN, pebisnis perlu membuat sebuah konten berkualitas dan relevan dengan link web anda. Biasanya pengunjung akan lebih menyukai konten yang mengandung sebuah informasi, serta dilengkapi dengan solusi di dalamnya.

    Sebuah konten berkualitas tentunya akan berguna, jika Anda ingin memiliki banyak pengunjung pada sebuah website. Selain itu biasanya orang akan lebih tertarik, untuk mencari suatu hal yang sedang ramai diperbincangkan atau topik yang sedang hangat untuk dibahas.

  • Tidak Menyertakan Terlalu Banyak Tautan
  • Hal lain yang perlu Anda ketahui adalah, tidak menyertakan terlalu banyak tautan pada sebuah web. Setelah mengenal apa itu PBN, pasti Anda selalu berpikir bahwa menyertakan link pada sebuah web merupakan langkah yang tepat untuk dilakukan.

    Namun jangan sampai Anda menyertakan terlalu banyak link, akan lebih baik jika pebisnis membuat variasi link keluar dan internal link didalamnya.

  • Menggunakan Hosting/Email/Provider Berbeda
  • Untuk bisa lolos dalam pelacakan manual Google, salah satu langkah yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan register domain dan hosting yang berbeda. Karena jika Anda masih menggunakan satu lokal IP address Google, dikhawatirkan Google dapat mendeteksinya.

    Setelah Anda mengetahui apa itu PBN, mulai dari manfaat, kekurangan dan hal wajib untuk diketahui. Semoga Anda bisa lebih bijak dalam menggunakan PBN, dan memanfaatkannya sebaik mungkin.