apa itu backlink dofollow - pengertian dofollow
apa itu backlink dofollow

Backlink memiliki dua jenis yaitu dofollow dan nofollow, apa itu backlink dofollow dan bagaimana cara kerja dari tautan jenis ini. Backlink sendiri adalah isitilah digunakan dalam strategi SEO.

Pada umumnya backlink adalah sebuah tautan pada website diarahkan kepada website lain. Ada dua macam cara web tersebut dapat ditautkan yaitu dofollow dan nofollow. Keduanya memiliki misi sama yaitu menautkan situs pertama ke situs tujuan.

Tetapi keduanya memberi kode berbeda kepada google sebagai mesin pencari. Jika dofollow memberikan kode pada google untuk mengikuti aktivitas pada link yang ditautkan. Lain halnya dengan nofollow memerintahkan google untuk tidak mengikuti aktivitas pada link yang ditautkan.

Apa itu Backlink Dofollow serta Manfaatnya

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dalam menautkan link memiliki dua jenis cara dalam menautkan ke website tujuan. Lantas timbul pertanyaan apa itu backlink dofollow. Kata “dofollow” berasal dari kata “do” dan “follow” memiliki arti mengikuti.

Maksudnya, tautan ini membantu dalam meningkatkan nilai SEO pada suatu website dengan meneruskan website asal ke website tujuan. Mendapatkan tautan jenis ini dapat bermanfaat meningkatkan domain authority website dan juga meningkatkan ranking keyword.

Kelebihan dan Kekurangan Backlink Dofollow

Setelah memahami apa itu dofollow terdapat kekurangan dan kelebihan dari tautan dofollow. Tautan tipe ini sudah tidak diragukan lagi manfaatnya dalam meningkatkan nilai SEO pada sebuah situs. Tetapi walaupun memiliki manfaat besar terdapat kelebihan dan kekurangan dari tautan jenis ini.

  • Kelebihan dari backlink dofollow
  • Sebelumnya sudah dijelaskan mengenai manfaat dari dofollow dan apa itu backlink dofollow. Selain manfaat – manfaat yang sudah dijelaskan, tautan ini juga memiliki kelebihan lainnya. Membuat tautan dofollow sangat penting untuk diterapkan dalam upaya optimasi SEO sebuah situs.

    Dengan menggunakan tautan ini website akan menarik banyak pengunjung serta memperoleh banyak komentar pada konten yang ada pada situs web. Kelebihan lainnya tautan ini juga dapat membantu membuat konten pada situs tersebut menjadi populer.

    Tautan ini juga mampu memberikan dampak positif pada algoritma peringkat pencarian google. Mendorong orang lain untuk menautkan link situs Anda pada situs milik orang lain.

    Serta meningkatkan aktivitas website Anda dengan mengizinkan kontributor untuk menulis guest post di situs milik Anda. Semua kelebihan ini akan Anda dapatkan jika memanfaatkan tautan jenis ini dengan baik.

  • Kekurangan dari backlink dofollow
  • Selain kelebihan terdapat juga kekurangan dari tautan dofollow. Walaupun begitu, kekurangan tersebut tidak akan mengurangi nilai keunggulan dari tautan tersebut. Anda hanya perlu mempelajarinya agar dapat memaksimalkan penggunaan tautan ini.

    Saat membuat backlink pada website, ada kemungkinan Anda berurusan dengan komentar spam. Untuk mengurangi komentar spam Anda akan membutuhkan banyak waktu untuk memoderasi setiap komentar.

    Selain itu kekurangan lainnya dari jenis backlink ini adalah link juice akan disebar luaskan secara habis – habisan. Akibatnya website mungkin saja akan kehilangan otoritas karena memberikan backlink ke website lain apalagi jiwa web tersebut memiliki reputasi buruk.

    Perbedaan Backlink Dofollow dan Nofollow

    Setelah membahas mengenai seluk beluk backlink dofollow, dari mulai mengenali apa itu backlink dofollow, manfaatnya, serta kelebihan dan kekurangannya. Hal yang belum dibahas adalah “kembaran” dari dofollow yakni nofollow.

    Dapat dikatakan seperti kembaran karena memiliki tujuan sama yaitu menautkan link pada website tujuan. Tetapi diantara keduanya memiliki perbedaan sangat signifikan. Perbedaan paling mencolok diantara keduanya adalah backlink nofollow tidak menambah atau meningkatkan nilai SEO pada situs.

    Nofollow digunakan saat pemilik website tidak ingin meneruskan link juice untuk mendukung situs yang ditautkan. Hal ini juga digunakan untuk mengatasi spam komentar. Nofollow digunakan untuk membuat situs web yang menautkan linknya di kolom komentar agar tidak mendapatkan manfaat apapun.

    Cara Membuat Backlink Dofollow Berkualitas

    Seseorang yang dapat membuat konten luar biasa, tetapi tidak ditautkan pasti sangat sulit untuk mendapatkan traffic bagus. Tetapi tidak usah risau karena hal itu selalu ada solusi di balik permasalahan yang ada.

    Mendapatkan backlink dofollow yang berkualitas memang sangat sulit. Tetapi kami akan memberitahukan cara bagaimana membuat tautan sedikit lebih mudah. Sehingga Anda masih dapat membuat konten yang berkualitas tanpa khawatir tidak mendapatkan tautan.

  • Bangun Kredibilitas atas Situs Anda
  • Syarat utama untuk mendapatkan backlink berkualitas adalah membangun kredibilitas website Anda. Dengan membangun konten-konten yang memiliki mutu otomatis hal tersebut akan membangun kredibilitas situs Anda menjadi lebih baik.

    Karena biasanya website yang memiliki kualitas yang baik akan melakukan backlink dengan situs yang memiliki konten-konten berkualitas juga. itu sebabnya membangun kredibilitas sangat penting untuk mendapatkan backlink.

  • Guest post
  • Menulis postingan atau atau guest posting merupakan cara baik serta termudah yang bisa dilakukan untuk mendapatkan backlink. Membuat guest posting sangat mudah, Anda hanya perlu menyiapkan konten high quality. Agar pembaca dari website tersebut dapat tertarik pada konten yang telah dibuat.

    Walaupun sudah memiliki konten yang sangat baik. Hal terpenting dari cara ini adalah mencari website bereputasi baik, relevan serta memiliki niche yang sama dengan website Anda. Jangan lupa untuk lakukan riset terhadap situs tersebut.

  • Membuat penilaian yang berguna di website lain
  • Buatlah penilaian yang bervalue daripada berkomentar asal pada setiap postingan situs tersebut. Berkeliling dan memberi komentar asal pada setiap situs yang Anda temui tidak akan menimbulkan dampak berarti pada website.

    Sebaliknya, situs Anda akan dianggap sebagai spam berakibat dapat menurunkan domain authority atau peringkat pencarian sebuah website. Bahkan dampak terburuknya adalah dapat menyebabkan situs Anda terhapus pada indeks pencarian.

    Terdapat dua tipe cara backlink yang sering digunakan yaitu dofollow dan nofollow. Terdapat perbedaan mencolok diantara keduanya, walaupun tujuan dari keduanya sama yaitu menautkan link pada situs tujuan. Seperti yang telah dijelas tentang apa itu backlink dofollow memiliki banyak kegunaan dalam meningkatkan nilai SEO