Kenali 8 Indikator Utama SEO – SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Dengan kata lain, SEO adalah upaya yang dilakukan seseorang untuk mengoptimalkan sebuah situs web agar mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian mesin pencari, sehingga dengan meningkatkan peringkat dalam hasil pencarian, tentu saja meningkatkan potensi lalu lintas organik.
Karena algoritme Google selalu berubah secara berkala, indikator ini juga tidak dapat digunakan sebagai patokan agar situs web Anda dapat menempati posisi teratas di mesin pencari Google. Berikut 8 Indikator Utama SEO.
Daftar isi
8 Indikator Kunci SEO
Setidaknya ada 8 indikator utama untuk optimasi halaman web dengan SEO , Berikut penjelasan terkait kedelapan indikator tersebut.
Struktur URL
Indikator pertama yang harus diperhatikan ialah pembuatan struktur URL yang benar dan juga sesuai dengan topik yang anda bahas. Selain itu, pastikan juga untuk membuat permalink atau slug yang mengandung kata kunci utama dari halaman konten web Anda.
Penggunaan SSL/TLS
Sejak tahun 2014, Google memprioritaskan website yang menggunakan SSL/TLS. Dengan SSL dapat meningkatkan keamanan data pengguna karena telah terenkripsi pada saat proses transfer data terjadi pada website.
Sertifikat SSL (Secure Socket Layer) sangat penting dalam mengoptimalkan di sebuah situs web. Cara mengetahui website Anda memiliki SSL/TLS atau tidak adalah dengan melihat URL Anda. Jika Anda masih menggunakan HTTP, maka website Anda dipastikan tidak memiliki SSL/TLS. Namun, jika Anda memiliki bukti sertifikat, maka URL Anda akan dimulai dengan HTTPS.
Menentukan Topik Konten
Setelah melakukan beberapa persiapan di atas, langkah selanjutnya adalah menentukan topik yang ingin Anda kuasai. Untuk mendapatkan konten yang menarik, dengan traffic yang besar, sebaiknya lakukan riset kata kunci untuk mendapatkan informasi lebih detail yang relevan dengan bisnis Anda.
Tentukan Maksud Pencarian
Indikator Utama SEO selanjutnya adalah menentukan maksud pencarian terlebih dahulu. Search intent sendiri merupakan pembagian kata kunci berdasarkan tujuan bisnis yang ingin dicapai. Setidaknya ada empat jenis maksud pencarian, termasuk:
- Informational, untuk kebutuhan menyediakan berbagai macam topik informasi.
- Navigational, untuk mengarahkan kata kunci ke nama perusahaan/brand secara langsung.
- Investigasi Komersial, untuk kebutuhan komersial dan membandingkan dua produk.
- Transaksional, yaitu kata kunci yang digunakan untuk kebutuhan dan meningkatkan nilai konversi bisnis.
Membuat Struktur Konten
Selanjutnya, buatlah struktur konten yang baik dan sesuai dengan prinsip penulisan artikel yang baik. Secara umum akan menggunakan prinsip 5W+1H. Jangan lupa untuk membuat struktur heading, menambahkan gambar, video atau infografis untuk mendukung konten yang Anda buat.
Menambahkan Meta Tag
Indikator keenam adalah menambahkan judul dan deskripsi meta. Hal ini sangat penting, untuk membantu Google dalam mengenali halaman website Anda. Dalam pembuatannya juga ada aturan penting, yaitu jangan terlalu banyak menulis judul dan deskripsi meta.
Tambahkan Backlink
Semakin banyak backlink yang Anda dapatkan, maka Google akan menganggap website Anda memiliki kredibilitas yang tinggi. Pastikan backlink yang Anda dapatkan berasal dari blog atau website yang berkualitas.
Optimalkan Kecepatan Situs Web
Untuk indikator terakhir, itu ialah hal yang paling penting untuk anda lakukan. Sejak tahun 2018, Google telah menetapkan bahwa kecepatan loading website, baik di desktop maupun mobile, termasuk dalam salah satu indikator SEO. Semakin cepat situs web Anda, semakin mudah bagi Anda untuk menentukan peringkat di halaman pencarian di mesin pencari.
Demikian ulasan tentang, Kenali 8 Indikator Utama SEO. Semoga bermanfaat.