Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page – Dengan berkembangnya internet, Anda akan sering menemukan banyak bisnis yang menggunakan internet sebagai media untuk memasarkannya. Di internet sendiri, Search Engine Optimization (SEO) sangat membantu banyak bisnis untuk memiliki peringkat yang lebih baik di mesin pencari. Ini juga akan berdampak baik pada bisnis dan lalu lintas di dalamnya.
SEO itu sendiri adalah salah satu proses terpenting yang dapat Anda gunakan, tidak hanya untuk mencapai peringkat yang lebih baik tetapi juga untuk menjalankan kampanye pemasaran internet yang sukses. Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa jenis seo, yaitu SEO On-page dan Off-page. Keduanya akan dibahas di sini. Berikut ini adalah perbedaan antara SEO On Page dan SEO Off Page.
Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page
SEO On Page
Ini adalah proses mengoptimalkan setiap halaman situs web Anda untuk mendapat peringkat lebih tinggi di mesin pencari. SEO pada halaman terkait dengan judul, deskripsi, dan teknik SEO URL. Tujuannya agar mesin pencari dapat mengenali situs web Anda dan dapat membantu pencari menemukan situs web Anda.
SEO Off Page
Ini adalah proses SEO off-page di mana pembuatan tautan dan sinyal lain yang dapat Anda berikan ke mesin pencari untuk meyakinkan mereka tentang kualitas dan kegunaan situs web Anda. Namun, ada sebagian orang yang beranggapan bahwa SEO on-page akan lebih baik dan relevan untuk digunakan daripada SEO off-page. Asumsi ini biasanya ada karena beberapa alasan.
Ketika datang ke mesin pencari, lebih relevan untuk memulai dengan SEO on-page atau on-page dan melakukannya dengan benar daripada mencoba meyakinkan mesin pencari untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik dan lebih tinggi dengan SEO Off Page.
Dalam SEO on-page juga ada pengguna. Tujuan Anda menggunakan SEO adalah karena pengguna dan pencari, bukan? Jadi, pastikan bahwa SEO yang Anda gunakan dapat memudahkan mereka. SEO pada halaman dapat dengan mudah membuat pengguna dan pencari menemukan situs web Anda. Sementara itu, SEO off-page memang bisa mendatangkan traffic ke website Anda, namun jika tidak dimanfaatkan atau dioptimalkan dengan baik, hasilnya akan membuat Anda kecewa.
Anda juga harus menyadari bahwa ada banyak situs web yang salah. Ada beberapa situs web yang tidak terlalu dioptimalkan oleh mesin pencari. Meskipun sebagian besar situs web ini berisi informasi tentang SEO, banyak pemilik situs web percaya bahwa tidak ada gunanya mencoba SEO di situs web mereka dan mereka berhenti bahkan sebelum mereka mulai. Jika Anda memilih untuk menggunakan SEO on-page, maka akan banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan, mulai dari sisi usability hingga sisi traffic.
Dalam SEO on-page terkadang Anda bisa mendapatkan semua yang Anda butuhkan dengan benar: Jika Anda menjalankan situs web untuk bisnis kecil dan Anda perlu mendapatkan pelanggan lokal untuk mencari berbagai istilah di Google, maka dalam SEO on-page Anda bisa mendapatkan panduan atau bahkan langkah tepat yang harus Anda ambil.
SEO Off Page datang setelah SEO on-page, Untuk mulai berpikir tentang bagaimana Anda dapat mempromosikan situs web Anda, Anda perlu memastikan itu optimal dan dalam kondisi yang baik. Jadi, langkah pertama adalah bekerja dengan SEO on-page baru Anda dapat menjalankan SEO off-page. Keduanya adalah pilihan yang harus Anda buat.
Demikian ulasan tentang, Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page. Semoga bermanfaat.