Mengenal Jenis dan Cara Kerja SEO – SEO sendiri merupakan singkatan dari Search Engine Optimization yang merupakan tindakan optimasi website yang dilakukan dengan tujuan untuk bisa mendapatkan ranking teratas di hasil pencarian. Dengan mendapatkan ranking terbaik di hasil pencarian, maka potensi untuk mendapatkan banyak trafik organik juga akan semakin besar.
Saat ini sepertinya SEO dan pemasaran online adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. SEO memiliki peran penting dalam pemasaran online agar produk milik seorang pelaku usaha dapat dengan mudah dikenal oleh masyarakat.
Sebuah produk kini dapat dipasarkan melalui berbagai media, tidak hanya platform pemasaran konvensional seperti brosur atau baliho, tetapi juga melalui platform digital. Pelaku usaha atau pebisnis biasanya memasarkan produknya melalui berbagai platform digital, termasuk website. Pemasaran produk melalui website tersebut tidak lepas dari SEO. Berikut Jenis dan Cara Kerja SEO.
Daftar isi
Jenis – Jenis SEO
Ada 2 jenis SEO yang digunakan untuk mengoptimalkan sebuah website agar terindeks dan masuk dalam daftar pencarian teratas, yaitu:
On Page SEO
On Page SEO adalah jenis SEO yang optimasinya dilakukan pada halaman web atau kontennya. Untuk mengoptimalkan halaman web, ada beberapa cara sederhana untuk melakukan SEO, antara lain sebagai berikut:
- Lakukan perbaikan kata kunci pada konten situs web agar relevan
- Lakukan perbaikan pada halaman website yang mudah dan cepat diakses
Off Page SEO
Off Page SEO merupakan jenis SEO yang optimasinya dilakukan di luar halaman web. Cara kerja SEO pada jenis ini biasanya dilakukan untuk membantu meningkatkan jumlah kunjungan pada sebuah halaman web. Cara kerjanya sebagai berikut:
- Tambahkan Backlink
- Melakukan promosi media sosial
Cara Kerja SEO
Crawling
Cara Kerja Seo Yang pertama yaitu Crawling. Proses pertama mesin pencari dalam mengelola semua informasi yang terkandung di dalamnya adalah crawling. Mesin pencari akan secara teratur mengirimkan sistem perayap web untuk memeriksa semua konten. Crawler berfungsi untuk menemukan dan juga memeriksa halaman baru dan kontennya yang dibuat oleh situs web tersebut. Semua konten baru yang ditautkan pada halaman web akan dikunjungi oleh sistem.
Indexing
Setelah browsing, mesin pencari akan memulai proses pengindeksan atau membuat indeks mengenai apakah suatu konten layak untuk dimasukkan pada halaman pencarian. Beberapa penyebab konten tidak terindeks oleh mesin pencari adalah indikasi adanya duplikasi atau bisa jadi konten tersebut tidak memiliki nilai yang sesuai untuk dimuat, misalnya hanya berisi spam.
Peringkat
Kemudian, tahap terakhir mesin pencari dalam mengelola konten mereka adalah peringkat atau peringkat. Mesin pencari akan memberi peringkat dari indeks yang telah dibuat berdasarkan relevansi dengan kata kunci yang ditargetkan. Dari cara kerja mesin pencari itulah SEO bertindak. SEO digunakan untuk membuat konten melalui tahapan di atas, seperti dilansir Digital Marketing Institute.
Manfaat SEO
Situs Web Yang Mudah Ditemukan
Jika kata-kata pencarian yang Anda masukkan di situs web Anda cocok dengan apa yang dicari audiens Anda, situs web Anda akan secara otomatis berada di halaman utama pencarian Google. Mengingat kebanyakan orang malas mencari halaman kedua atau selanjutnya, kemungkinan besar halaman website Anda akan diklik dan dikunjungi.
Menjaring Audiens Yang Tepat
Dengan memasukkan kata kunci yang sesuai, audiens yang dibidik adalah target yang tepat untuk website Anda.
Membangun Brand Awareness
Seseorang yang ingin mencari informasi tentang suatu produk biasanya langsung mencari produk tersebut melalui Google. Semakin besar kemungkinan situs web Anda ditemukan di internet, semakin besar kesadaran merek yang akan Anda dapatkan.
Bentuk Investasi Jangka Panjang
Jika Anda membangun lalu lintas yang lebih kuat secara alami maka situs web Anda dapat bertahan lama. Ini bisa menjadi investasi jangka panjang untuk Anda.
Demikian ulasan tentang, Mengenal Jenis dan Cara Kerja SEO. Semoga bermanfaat.