Lebih Baik Mana SEO Atau Paid Ads? – Memahami dunia digital marketing memang tidak mudah dan cukup rumit jika tidak dipelajari secara mendalam. Contohnya adalah penggunaan SEO dan Paid Ads yang keduanya juga termasuk dalam digital marketing, namun memiliki perbedaan yang sangat jauh.
Lalu seperti apa perbandingan SEO dan Paid Ads? Mana yang lebih baik untuk meningkatkan strategi pemasaran Anda? Simak pembahasannya di bawah ini. Lalu, bagaimana dengan perbandingan keduanya? Mana yang cocok untuk memaksimalkan pemasaran dengan lebih baik? Berikut ini adalah penjelasan keunggulan antara SEO dan Paid Ads.
Daftar isi
Kelebihan SEO (Search Engine Optimization) dan Paid Ads
Kelebihan SEO
- Menggunakan SEO berarti Anda dapat mempromosikan 24 jam tanpa khawatir tentang biaya. Dengan SEO, website akan tetap eksis dan dapat ditemukan dengan mudah oleh pengunjung.
- Tidak hanya itu, jumlah kunjungan atau jumlah setiap klik tidak dibatasi. Bahkan bisa meningkat dari waktu ke waktu dan menandakan pendapatan juga akan terus meningkat.
- Menggunakan SEO berarti Anda hanya perlu membayar sekali, dimana yang Anda butuhkan adalah seorang ahli yang dapat membantu Anda mendapatkan kata kunci yang tepat. Biaya menggunakan jasa SEO juga terbilang murah.
Kelebihan Paid Ads
Sementara itu, ini adalah kelebihan dari Paid Ads:
- Ketika Anda memilih Paid Ads, Anda dapat memastikan bahwa iklan tersebut akan muncul di bagian atas mesin pencari. Jadi, akan mudah bagi calon pelanggan untuk menemukannya. Anda tidak perlu lagi repot memikirkan cara agar website Anda bisa ditemukan.
- Saat Anda menggunakan Paid Ads, Anda juga dapat menghemat waktu. Tidak perlu memikirkan cara meningkatkan traffic. Cukup bayar sesuai pilihan paket iklan yang diinginkan, maka web akan muncul dan traffic juga akan lebih tinggi.
- Kebanyakan Paid Ads juga memberikan jaminan untuk mencapai target yang diinginkan. Hal ini tentunya akan membantu Anda untuk mendapatkan pelanggan baru dengan lebih cepat.
Namun, meskipun memiliki kelebihan yang dapat meningkatkan jumlah kunjungan ke website. Ada juga beberapa kelemahan dari keduanya yang juga perlu Anda ketahui. Berikut ini adalah kerugian dari SEO dan Paid Ads.
Kekurangan SEO dan Paid Ads
Kekurangan SEO
Perlu Anda ketahui bahwa teknik SEO ini tidak instan. Artinya, dibutuhkan waktu lebih lama untuk memasukkan situs web ke peringkat teratas di mesin pencari. Jadi, Anda perlu bersabar saat menggunakan teknik ini.
Tidak hanya itu, Anda juga dituntut untuk selalu memperhatikan website seperti selalu update konten terbaru, template web yang menarik, bahkan batas waktu penggunaan web hosting yang Anda gunakan. Jika Anda tidak memperhatikan, maka jelas website Anda tidak akan naik. Bagi Anda yang baru memiliki website, tidak bisa langsung menggunakan SEO. Usia minimal website jika ingin menggunakan SEO adalah 3 bulan. Jadi, jika Anda baru mengenalnya, lebih baik menunggu.
Kekurangan Paid Ads
Kelemahan dari Paid Ads adalah biayanya banyak. Setiap platform yang menyediakan Paid Ads memiliki harga yang berbeda-beda. Tapi kalau pakai Google Ads pasti harus merogoh kocek lebih dalam, tapi tetap worth it sama hasilnya. Tidak hanya itu, Paid Ads memiliki jangka waktu yang sangat terbatas. Jika Anda tidak memiliki modal yang cukup, tentunya akan sulit untuk membuat iklan tetap berjalan di platform yang dipilih.
Demikian ulasan tentang, Lebih Baik Mana SEO Atau Paid Ads ?. Semoga bermanfaat.