Cara Menulis Daftar Pustaka Artikel Dari Internet – Selain buku dan jurnal, internet merupakan salah satu sumber yang kini banyak digunakan sebagai referensi penulisan ilmiah. Cara Menulis Daftar Pustaka Artikel dari internet merupakan langkah yang harus dipahami oleh setiap penulis. Daftar Pustaka merupakan susunan tulisan yang diletakkan di akhir suatu karya ilmiah.
Daftar Pustaka berisi referensi atau sumber seorang penulis dalam membuat karya ilmiah. Sumber kepustakaan dapat berasal dari buku, jurnal, majalah, hingga internet. Cara penulisan daftar pustaka tidak boleh sembarangan. Cara penulisan daftar pustaka dari internet juga memiliki syarat-syarat tertentu.
Sumber dari internet biasanya lebih banyak dicari karena cepat dan efisien. Ada beberapa aturan tentang cara menulis daftar pustaka artikel. Hal-hal yang perlu dicantumkan dalam penulisan daftar pustaka adalah nama penulis, judul artikel, penerbit, identitas penerbit, dan tahun terbit.
Daftar isi
Cara penulisan daftar pustaka dari internet tidak jauh berbeda dengan daftar pustaka buku. Perbedaannya hanya pada penambahan link, tanggal, dan waktu saat mengakses sumbernya. Berikut susunannya.
Berikut ini cara penulisan daftar pustaka dari internet dalam format penulisan Council of Science Editors atau CSE. Strukturnya sebagai berikut, struktur nama website, judul artikel [internet], deskripsi website, tanggal artikel dibuat [waktu diakses], URL lengkap.
Buatlah daftar pustaka dengan menggunakan gaya penulisan APA (American Psychological Association). Strukturnya yaitu susunan nama web atau situs, tanggal artikel ditulis, judul artikel, waktu akses dan alamat lengkap website (URL).
Cara Menulis daftar pustaka dengan format penulisan Modern Language Association (MLA). Komposisi meliputi nama artikel, nama website, tanggal artikel dibuat, waktu akses, alamat lengkap website (URL).
Tulis daftar pustaka dalam format Modern Humanities Research Association (MHRA). Komposisinya Meliputi nama website, judul artikel, deskripsi website, tanggal artikel dibuat, [waktu diakses].
Salah satu fungsi kutipan adalah untuk memperkuat atau mendukung penulisan ilmiah Anda. Oleh hal itu, Anda harus mencantumkan sumber kutipan Anda secara singkat di bagian akhir paragraf.
Ketika ada orang yang Menuliskan sumber kutipan dan juga daftar pustaka yang cukup lengkap, Kita menghargai orang yang datang dengan ide tersebut. Selain itu, juga merupakan pengakuan bahwa teks pada bagian tersebut berasal dari gagasan, argumen, dan atau analisis orang lain.
Manfaat Menulis Daftar Pustaka Artikel yang lengkap ialah membantu pembaca yang ingin mengetahui lebih jauh tentang kutipan tersebut. Terkadang pembaca sangat tertarik untuk membaca lebih dalam artikel atau pembahasan yang Anda kutip.
Penulisan daftar pustaka tidak boleh sembarangan, ada tiga hal yang harus diperhatikan. Berikut ini:
Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyusun sumber daya perpustakaan. Namun karena referensi yang digunakan tidak selalu berupa buku, tetapi bisa juga dari website, jurnal, surat kabar dan lain-lain maka formatnya juga berbeda.
Demikian ulasan tentang, Cara Menulis Daftar Pustaka Artikel Dari Internet. Semoga bermanfaat.
4 Rekomendasi Jasa SEO Website Profesional - Persaingan bisnis semakin ketat dari waktu ke waktu,…
4 Cara Menulis Artikel Yang Baik Dan Benar - Tujuan umum menulis artikel ialah untuk…
3 Keuntungan Menggunakan Layanan SEO - Jasa SEO memang memberikan banyak sekali manfaat bagi perkembangan…
3 Cara Membuat SEO Kata Kunci Unik - Cara membuat SEO dengan kata kunci sangat…
2 Jenis Seo Yang Wajib Anda Ketahui - Search Engine Optimization atau juag SEO merupakan…
Jenis Backlink Website - Istilah backlink atau Jasa Backlink mungkin masih asing bagi siapa saja…